Diklat dan Sertifikasi Good Corporate Governance (GCG) Periode Januari 2024

2024-01-10 16:47:00

Pusat Pengembangan Akuntasi dan Keuangan (PPA&K) kembali aktif membuka diklat virtual di awal tahun 2024. Ada dua diklat virtual yang dibuka pada 8 Januari 2024, diantaranya Certified Governance Professional (CGP) dan Certified Governance Oversight Professional (CGOP). Pembukaan diklat dilakukan melalui Zoom dan diikuti oleh peserta yang berasal dari BUMN. Selain Direktur Utama dan Direktur Operasional PPA&K serta perwakilan dari LSP-MKS juga turut hadir untuk membuka kegiatan ini.

Pada pembukaan diklat virtual, Bapak Supriyadi yang merupakan Direktur Utama PPA&K memberikan sambutan hangat bagi para peserta. Beliau menyingung mengenai Peraturan Menteri BUMN Nomor Per-2/mbu/03/2023 Tahun 2023 Tentang Pedoman Tata Kelola dan Kegiatan Korporasi Signifikan BUMN. Adanya peraturan yang belum lama diterbitkan ini mengharuskan BUMN beradaptasi dalam perkembangannya. Maka dari itu dibutuhkan sumber daya yang kompeten pada pelaksanaan dan pengawasannya.

”Seluruh organ perusahaaan diminta untuk bisa memahami dan memiliki kompetensi terkait dengan tata kelola, mulai dari Dewam pengawas/Dewan Komisaris, Komite, Direksi, seluruh manajemen, SPI, dan sebagainya,” kata Bapak Supriyadi.

Menurut Bapak Supriyadi, optimalisasi terhadap penerapan peraturan ini harus dlakukan dengan maksimal. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan terkait dengan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governace (GCG).

”Dengan mengikuti diklat dan uji kompetensi ini, diharapkan para peserta bisa dinyatakan kompeten dan bisa memberikan hal terbaik kepada perusahaannya,” ujarnya sebelum menutup sambutan.

CGP dan CGOP merupakan program diklat dan sertifikasi yang berkaitan dengan tata kelola perusahaan. Diklat CGP sendiri diikuti oleh para peserta yang ingin mendapatkan sertifikat kompetensi di bidang tata kelola. Kemudian nantinya peserta bisa menerapkannya pada praktik tata kelola setelah dinyatakan kompeten di bidang pelaksanaan tata kelola korporasi atau tata kelola publik, serta manajemen risiko berbasis tata kelola. Sedangkan Diklat CGOP merupakan program yang bertujuan untuk mendapatkan sertifikat kompetensi pengawasan di bidang pengawasan dan pembinaan tata kelola publik, serta manajemen risiko.

Adapun peserta yang diikutsertakan berasal dari perusahaan yang sejak dulu mempercayakan PPA&K sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan, seperti PT Jasa Raharja terhitung sudah mengirimkan 1.051 peserta dan para peserta tersebut telah mengikuti sebanyak 21 jenis diklat. Disamping itu ada pula PT Asuransi Kredit Indonesia (ASKRINDO) yang telah mengikuti 17 jenis diklat dengan total peserta yang pernah mengikuti sebanyak 311 peserta.

Diklat dan Sertifikasi CGP akan dilakukan mulai tanggal 8 hingga 12 Januari 2024, sedangkan Diklat dan Sertifikasi CGOP akan selesai satu hari lebih cepat yakni, dimulai tanggal 8 sampai 11 Januari 2024. Bagi pelaksanaan uji kompetensi, PPA&K telah bekerjasama dengan LSP MKS dan menjadwalkan peserta dan melangsungkannya pada hari terakhir program ini berjalan.

Adanya upaya untuk mengoptimalisasi tata kelola perusahaan ini merupakan salah satu perwujudan PPA&K untuk terus mengembangkan kompetensi dan mendukung perubahan yang baik bagi tata kelola perusahaan di Indonesia.

Request information