Kerjasama PPA&K & PT Kereta Api Logistik dalam Asesmen Good Corporate Governance

2023-09-30 21:22:00

PPA&K menjalin kerjasama dengan PT Kereta Api Logistik (PT KALOG) dalam Asesmen Good Corporate Governance (GCG). PT Kalog mempercayakan asesmen GCG kepada PPA&K. Kegiatan ini berlangsung selama tiga bulan, mulai dari bulan Juli sampai dengan September 2023. 

Selama periode pekerjaan, PPA&K melaporkan secara berkala mengenai progres pengerjaan yang telah dilakukan dan rutin berkoordinasi dengan Tim Counterpart. Terakhir, pada 25 September 2023 PPA&K dan  PT KALOG melakukan exit meeting untuk pemaparan hasil akhir asesmen. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Utama PPA&K, Bapak Supriyadi dan Tim Konsultan PPA&K yang dikepalai oleh Bapak Nur Abdilah. Selain itu dari pihak PT Kalog dihadiri secara virtual oleh Bapak TLN Ahmad Malik selaku Direktur Utama dan Tim Counterpart Assesment GCG PT KALOG yang hadir secara tatap muka dengan ketua tim Ibu Dwi Wulandari.

Tim konsultan yang bertugas melaporkan beberapa hal seperti hasil assesmen PT KALOG tahun buku 2022, perbandingan skor asesmen GCG tahun buku 2021 dan 2022, serta Area of Improvement dan Rekomendasi. Hasil asesmen diperoleh dari penilaian tingkat kesesuaian berdasarkan SK-16/S.MBU/2012 Tentang Indikator/Parameter Penilaian dan Evaluasi atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance)

Proses pertama yaitu pengambilan data dengan cara review dokumen. Selanjutnya akan dilakukan konfirmasi data kepada pihak PT KALOG untuk memvalidasi data yang diterima serta perubahan apa yang ada selama periode tertentu. Selain itu, Asesor juga akan memberikan quesioner untuk mengukur tingkat pemahaman GCG seluruh Insan PT KALOG. Terakhir, akan disusun laporan akhir asesmen GCG PT KALOG yang diantaranya berisi hasil asesmen dan rekomendasi. 

Hasil asesmen tersebut akan diukur berdasarkan dengan parameter yang sudah ditetapkan antara lain, Komitmen Terhadap Pengelolaan GCG secara berkelanjutan, Pemegang Saham, Dewan Komisaris, Direksi, Pengungkapan Informasi dan Transparansi. 

Hasil Asesmen GCG PT Kalog menunjukkan kualitas Baik. Tim Konsultan PPA&K memberikan rekomendasi perbaikan yang dapat dipertimbangkan oleh PT KALOG agar nilai GCG di tahun berikutnya bisa meningkat. 

Peningkatan ini sangatlah penting karena merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menentukan keberhasilan usaha dan akuntabilitasnya dalam jangka panjang. Hal ini juga berpengaruh terhadap peningkatan kinerja dan penciptaan citra perusahaan yang baik. Adanya kerjasama dengan PT KALOG membuat PPA&K terpacu untuk terus membantu dan mendorong keberhasilan kinerja perusahaan serta bisa menumbuhkan rasa kepercayaan yang lebih kepada PPA&K sebagai lembaga yang terdepan dan terpercaya.

Request information