PROGRAM DIKLAT AUDIT INTERNAL DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DISELENGGARAKAN BERSAMAAN DI DUA TEMPAT

2023-12-16 17:36:00

Program pendidikan dan pelatihan (diklat) rutin diselenggarakan oleh PPA&K setiap bulan dan terbuka bagi BUMN, BUMD, Rumah Sakit, Intansi Pendidikan, dan Perusahaan Swasta. Terbagi antara kelas virtual dan tatap muka, diklat yang diselenggarakan PPA&K semakin dikenal dan bisa menjalin mitra dengan berbagai instansi/perusahaan di berbagai kota. Pelaksanaan diklat tatap muka sendiri terbagi di beberapa kota, yaitu Bogor untuk pelaksanaan Program Diklat Audit Internal serta Yogyakarta untuk pelaksanaan Program diklat Manajemen Risiko dan Good Corporate Governance (GCG). 

Di tahun 2023 bulan Desember merupakan saat terakhir penyelenggaraan diklat sebelum kita berganti ke tahun yang baru. Ada tiga diklat yang diselenggarakan di Bogor, yaitu Diklat Dasar-Dasar Audit yang dibuka tanggl 11 Desember 2023, kemudian pada tanggal 14 Desember 2023 dibuka Diklat Khusus Bagi Kepala SPI. Kemudian untuk diklat yang diselenggarakan di Yogyakarta adalah Certified Governance Oversight Professional (CGOP) dan dibuka pada 12 Desember 2023.
 
Pada pembukaan Diklat Dasar-Dasar Audit di Bogor, Bapak Supriyadi, Direktur Utama PPA&K, datang dan memberikan sambutan. Ucapan selamat datang diucapkan kepada para peserta karena baru pertama kali bergabung dalam mengikuti Program Diklat Audit Internal. Sebagai awalan, beliau menyapa para peserta dengan menanyakan berapa lama bergabung di pada bagian audit internal atau Satuan Pengawasan Internal (SPI). Tidak mengejutkan bahwa peserta yang mengikuti Diklat Dasar-Dasar Audit ini merupakan orang yang baru bergabung dalam kurun hitungan bulan bahkan ada yang baru dua minggu bergabung menjadi bagian SPl. Diketahui bahwa sebelum bergabung menjadi Auditor, para peserta kebanyakan berasal dari bagian operasional.

“Ada sesuatu yang berbeda antara penugasan operasional dan Satuan Pengawas Internal, cara kerjanya juga berbeda, maka dari itu harus diklat terlebih dulu,” ujar Bapak Supriyadi. 

Beliau juga sedikit menjelaskan bahwa posisi yang dipegang oleh peserta di perusahaannya memiliki peranan penting dalam pengendalian internal perusahaan tersebut. Posisi yang berada dibawah pimpinan perusahaan membuat peserta harus mampu membaca situasi dan memberikan rekomendasi terbaik sehingga peserta perlu diberikan pemahaman dasar-dasar audit selama sepuluh hari berjalannya diklat.

”Kalau di dalam Undang-Undang, kita dikatakan harus memberikan rekomendasi terbaik kepada direktur utama terutama dalam rangka asesmen terhadap risiko, pengendalian internal, dan tata kelola perusahaan,” jelasnya. 

Berbeda dengan Diklat Dasar-Dasar Audit yang dilakukan selama sepuluh hari di Bogor, Diklat CGOP yang dilakukan di Yogyakarta hanya berlangsung selama tiga hari disertai dengan uji kompetensi bersama Lembaga Sertifikasi Kompetensi Mitra Kalyana Sejahtera (LSP-MKS). Kegiatan pembukaan diklat diikuti oleh peserta yang terdiri dari komisaris perusahaan dan dihadiri oleh Bapak Budi Hanta selaku Direktur Operasional PPA&K. Sesuai dengan namanya, Diklat CGOP ini bertujuan agar pimpinan perusahaan bisa lebih kompeten di bidang pengawasan dan pembinaan tata kelola perusahaan atau tata kelola publik.  Selain itu, peserta juga diharapkan kompeten dalam bidang pengawasan di bidang Manajemen risiko berbasis tata kelola. 

Pada pelaksanaan Diklat ini, baik di Bogor maupun di Yogyakarta, PPA&K menghadirkan para pengajar yang memiliki jam terbang tinggi dalam berkarir di bidang Audit Internal, Manajemen Risiko, dan Tata Kelola. Kelebihan ini menarik atensi peserta diklat sehingga aktivitas di dalam kelas bisa hidup karena adanya diskusii yang menarik dengan pengajar. Diklat ini merupakan diklat terakhir yang di tahun 2023, PPA&K selalu mencoba untuk berinovasi agar terus memberikan yang terbaik dan berupaya untuk terus menjalin mitra dengan instansi atau perusahaan supaya bisa berkontribusi dalam pengembangan kompetensi sumber daya manusia. Diklat PPA&K akan kembali dilaksanakan pada bulan Januari 2024. 

Request information