Virtual Class
Detail Pendaftaran

Diklat Audit Teknologi Informasi (November 2021)

A. LATAR BELAKANG

Saat ini banyak perusahaan/instansi pemerintah melakukan investasi yang cukup besar untuk membangun infrastruktur teknologi informasi. Hal ini dikarenakan pemanfaatan teknologi informasi oleh perusahaan/instansi pemerintah merupakan keniscayaan untuk menunjang efektifitas dan efisiensi proses bisnis perusahaan/instansi pemerintah. Teknologi informasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan guna tercapainya tujuan dan sasaran perusahaan/instansi pemerintah.

Pemanfaatan teknologi informasi harus diiringi dengan pengelolaan yang tepat dan relevan sehingga dapat meminimalisasi risiko-risiko yang timbul pada proses bisnis. Untuk itu diperlukan Audit teknologi informasi yang bertujuan untuk menjaga kehandalan dan keamanan sistem informasi, memelihara integritas data dan untuk meningkatkan keefektifan penggunaan teknologi informasi serta mendukung efisiensi. Audit teknologi informasi merupakan pekerjaan yang tindakan, tujuan serta kualitasnya memerlukan pengetahuan khusus dan kemampuan praktis.

 

B. TUJUAN

Diklat audit teknologi informasi bertujuan memberikan pengetahuan dan kemampuan teknis kepada peserta, meliputi:

  1. Audit atas pengendalian sistem dan aplikasi guna menjamin keabsahan, kehandalan, tepat waktu dan keamanan pada input, proses dan output;
  2. Pelaksanaan asesmen tata kelola teknologi informasi (Information Technology Governance) berbasis COBIT (Control Objective for Information and Related Technology)

 

C. MATERI

Materi diklat berupa konsep dan studi kasus/praktik penerapan, meliputi:

  1. Overviu audit teknologi informasi;
  2. Pemahaman dan Praktik asesmen tata kelola Teknologi Informasi berbasis COBIT;
  3. Studi kasus/praktik audit menggunakan Microsoft Access 2013;

   

Mulai : 15, Nov 2021

Selesai : 19, Nov 2021

Request information