Virtual Class
Detail Pendaftaran

Diklat Informasi Self Assessment GCG (Oktober 2020)

  1. LATAR BELAKANG

Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor: 01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengamanatkan BUMN menerapkan GCG secara konsisten dan berkelanjutan. GCG adalah prinsip-prinsip yang mendasari suatu proses dan mekanisme pengelolaan perusahaan berlandaskan peraturan perundang-undangan dan etika berusaha. Prinsip-prinsip GCG dalam peraturan tersebut adalah Transparansi, Akuntanbilitas, Pertanggungjawaban, Kemandirian dan Kewajaran.

 

BUMN wajib melakukan pengukuran terhadap penerapan GCG dalam bentuk: (1) penilaian (assessment) yaitu program untuk mengidentifikasi pelaksanaan GCG yang dilaksanakan secara berkala setiap 2 (dua) tahun, (2) evaluasi (review) yaitu program untuk mendeskripsikan tindak lanjut pelaksanaan dan penerapan GCG di BUMN yang dilakukan tahun berikutnya setelah penilaian (assessment). Pelaksanaan evaluasi dapat dilakukan sendiri oleh BUMN (self assessment) yang pelaksanaannya dapat meminta bantuan/asistensi oleh penilai independen. Hasil pelaksanaan pelaksanaan penilaian dan evaluasi dilaporkan ke RUPS/Menteri bersamaan dengan laporan tahunan.

 

  1. TUJUAN

Diklat Self Assessment Good Corporate Governance (GCG) memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis pelaksanaan penilaian dan evaluasi pelaksanaan GCG dengan menggunakan indikator/parameter Keputusan Sekretaris Meneg BUMN Nomor: SK.16/S.M.BU/2012.

 

  1. MATERI

Materi diklat meliputi:

  1. Overviu Good Corporate Governance (GCG);
  2. Praktik Penilaian dan Evaluasi atas Penerapan GCG;
  3. Penyusunan Laporan Hasil Penilaian/Evaluasi Penerapan GCG. 

Mulai : 20, Oct 2020

Selesai : 26, Oct 2020

Request information